DKP Sumbar Bagi-bagi Ikan Gratis Selama Tiga Hari, Cek Jadwal, Syarat dan Ketentuannya

Proses pembagian ikan gratis yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar di Gedung Rohana Kudus GOR Agus Salim Padang, Kamis 29 Agustus 2024. Ist 

PADANG-Dalam rangka memperingati Hari Makan Ikan Sumbar tahun 2024, Dinas Kelautan dan Perikatanan Sumbar membagikan ikan segar dan olahan berbahan ikan secara gratis.


Bagi-bagi ikan segar gratis tersebut diselenggarakan di Gedung Rohana Kudus GOR H. Agus Salim Padang, mulai Kamis hingga Sabtu (29-31 Agustus 2024).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Reti Wafda mengatakan bagi-bagi ikan gratis dan camilan berbahan serba ikan tersebut diberikan untuk warga Padang.

"Ya, bagi-bagi ikan gratis ini kami peruntukkan bagi warga Padang khususnya warga sekitar GOR atau yang berkunjung ke lokasi acara kegiatan Gemar Makan Ikan tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Gedung Rohana Kudus GOR Agus Salim Padang selama tiga hari. Mulai dari pukul 09.00 hingga siang atau tergantung stok kupon setiap harinya," terang Reti.

Disebutkannya, bagi bagi ikan gratis bertujuan membantu masyarakat agar dapat menyediakan menu bergizi untuk keluarga. Ikan gratis tersebut disediakn oleh tiga pelabuhan yang ada di Padang. Setidaknya ada 1500 kupon tersedia untuk mendapatkan ikan segar dan camilan berbahan ikan tersebut.

Untuk mendapatkan ikan gratis masyarakat cukup datang ke lokasi acara. Di sana ada meja panitia yang menyediakan kupon. Pilihan adanya, ikan segar dan olahan berbahan ikan. Nugget ikan, bakso ikan dan kerupuk tulang ikan.

Selain bagi-bagi ikan gratis juga tersedia stand untuk menguji ikan atau aneka olahan yang mengandung zat berbahaya seperti formalin.

"Jadi masyarakat bisa membawa sampel ikan yang diragukan kondisinya. Begitu juga aneka olahan makanan siap saji yang dicurigai mengandung bahan berbahaya," sebutnya.

Kegiatan lainnya dalam peringatan Hari Makan Ikan Sumbar itu adalah bazar UMKM yang menjual aneka camilan berbahan ikan. Kemudian ada ikan hias, lomba memasak yang berlangsung Sabtu (31/8). Lomba terdiri dua kategori. Pertama lomba memasak aneka menu harian untuk anggota Forikan se Sumbar dan lomba memasak untuk umum, yang memasak ikan gariang. Lomba mewarnai untuk murid TK juga turut meramaikan kegiatan peringatan Hari Makan Ikan tersebut. YL

0 Comments