BPBD Sumbar Ciptakan VIONA untuk Edukasi Bencana Tanpa Batas

 


Seorang petugas menggunakan vidio informasi bencana (Viona) tahun 2023. Ist 

PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat meluncurkan inovasi Video Informasi Bencana (VIONA) tahun 2023, sebagai media atau sarana edukasi bidang kebencanaan bagi masyarakat.

Lahirnya VIONA ini atas kerisauan bersarnya potensi bencana di daerah Sumbar. Terlebih persoalan bencana baukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, tapi semua pihak atau stake holder terlibat dalam penanganan penanggulangannya, baik pra bencana, saat bencana, maupun pascabencana.

“Karena besarnya potensi bencana di daerah kita, makanya kita mencetus VIONA untuk memudahkan memberikan edukasi dan informasi bencana kepada masyarakat kita tanpa batas,” kata Indraveri selaku pencetus VIONA, pada Kamis (27/10).

Dikatakan Indraveri, VIONA ini diciptakan karena pentingnya pengurangan risiko atau dampak bencana. Atas alasan itu, sebelum terjadinya bencana perlu melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kerentanan risiko bencana, baik pemerintah maupun masyarakat.

Menurutnya, VIONA salah satu bentuk inovasi strategis dalam menyebarkan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) bencana, yakni dengan memanfaatkan platform media digital atau media sosial. Apalagi BPBD Sumbar maupun BPBD kabupaten dan kota memiliki keterbatasan dalam penyeberluasan informasi secara langsung ke masyarakat.

“Permasalahan kita juga masih terbatasnya ketersediaan wadah jurnal, atau publikasi ilmiah, makanya hasil inovasi VIONA kita manfaatkan publikasi melalui media sosial dan online saja,” ujarnya.

Indraveri menerangkan, sebelum adanya VIONA sosialisasi kebencanaan banyak dilakukan secara langsung ke masyarakat, dengan anggaran terbatas dan peserta yang juga terbatas. Dengan kondisi itu, pihaknya mencetus VIONA ini, dan mulai diuji coba sejak 23 Agustus 2021 silam agar sosialisasi bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas VIONA. Misalnya melakukan perubahan dan perbaikan kualitas gambar, suara, serta survei kepuasan terhadap layanan KIE untuk memberikan informasi terbaik dan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat. 

“Keunggulan VIONA ini, mudah disebarkan seluas-luasnya kepada masyarakat tanpa batas karena dilakukan secara digital, mudah dipahami dan dimengerti, dibanding sosialisasi secara langsung atau dalam bentuk cetakan,” jelas Indraveri. 

Menguat statemen Indraveri tadi, VIONA bisa disimpan karena disebarkan di berbagai media sosial, seperti youtube, facebook, instagram, tiktok. Selain itu, VIONA juga bisa diputar melalui aplikasi VLC, KM Player, baik menggunakan komputer maupun handphone.

0 Comments