Pemenang PSU DPD RI Sumbar Punya Basis Daerah dan Jaringan Kuat

 


Oleh Labai Korok Piaman 

Pemilihan yang sangat demokratis tanpa ada logistik atau money politik beredar terjadi pada PSU DPD RI Sumbar kemarin, pemilih datang mencoblos murni karena panggil hati nurani demi bangsa dan negara.

Sehingga situasi mendorong yang menang itu adalah yang memiliki jaringan yang kuat di Sumbar dan kekompakan orang kampung asli calon DPD RI itu berada memilih/basis daerahnya (primordial kedaerahan).

Maka sangat wajar yang menang itu seperti Cerint, Muslim M Yatim, Jelita Donal, Irman Gusman karena mereka berempat itu memiliki jaringan kuat, primordial kedaerahan kuat juga.

Sosok Cerint memiliki basis kampung pesisir selatan, setiap kali pemilihan DPD RI dipastikan putra Pesel selalu duduk, ditambah kuatnya jaringan fans perempuan muda suka  sosok wajah sosialiti.

Sedangkan Muslim M Yatim memiliki jaringan PKS Sumbar yang kuat, jaringan HNI, sehingga seking kuatnya dalam hitungan mingguan, sosok ulama pernah Aleg PKS ini mampu membentuk saksi per-tps yang tidak dimiliki orang calon lain. Tapi jangan lupa ustad Muslim M Yatim asli keluarga Agam kalau tidak salah.

Nah jika tidak ada sosok Irman Gusman dalam PSU DPD RI dipastikan Buya Jelita Donal akan memperoleh posisi nomor 1 pemenang PSU DPD RI ini karena beliau memiliki jaringan Muhammadiya melalu sosok pendekar tapak suci.

Tentu jangan dilupakan bahwa Buya Jelita Donal merupakan orang Piaman, dimana perolehannya suara beliau dipiaman mendekati 49%, sejarah orang piaman kompak memilih beliau, kuat Buya Jel secara kedaerahan.

Nah Irman Gusman juga sosok pemain lama, beliau sangat piawai tentu jaringan lama beliau mainkan salah satu ada surat beredar dari Ormas Islam meminta pengurus daerah, cabang memilih beliau.

Setelah itu Irman Gusman juga masih disukai oleh emak-emak karena sosoknya yang ganteng yang menurut Penulis masih memikat atau masih disukai.

Sekarang nama diatas telah dikatakan menang oleh Quick Count SBLF, Cerint, Muslim Yatim, Jelita Donal & Irman Gusman pemenang PSU DPD RI

PSU DPD RI telah berlangsung di 17ribuan TPS di Sumatera barat, Sabtu 13 Juli 2024. Pemungutan suara ulang DPD RI yang diikuti oleh 16 orang, pasca putusan MK membatalkan hasil pemilu DPD RI, February 2024.

SBLF MYriset melaksanakan Quick Count di 800 TPS se Sumatera Barat, dengan MoE 3.1%. Data masuk 100% didapatkan 4 teratas pemenang PSU DPD RI.

“QC SBLF dapatkan hasil Cerint 18.18%, Muslim M Yatim 16.74%, Jelita Donal 13.7% & Irman Gusman 11.87%”, tutur Edo Andrefson Direktur SBLF MYriset.

Dalam QC ini merubah peta calon DPD terpilih, Muslim M Yatim naik peringkat ke nmor 2 dan Emma Yohana tersingkir dan digantikan masuknya Irman Gusman. Elektabilitas Irman Gusman unggul tipis dengan caleg DPD raihan suara peringkat 5 & 6.

Sekarang selamat kepada DPD RI Sumbar suara terbanya hasil PSU kemarin, doakan sekarang ada pemikiran dari DPD RI terpilih terbentuknya Sumbar menjadi Propinsi Minangkabau.

0 Comments